Dispora memberikan bimtek kepada para pemuda di Lombok Barat.


Foto: Dispora 

Lombok Barat (CatatanNTB.com) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lombok Barat memberikan atensi terhadap perkembangan dan peran serta dari pemuda yang ada di Lombok Barat. 

Melalui program peningkatan kapasitas kepemimpinan kepeloporan dan ke sukarelawanan pemuda, Dispora Lombok bertekad melakukan pengembangan potensi dan jiwa kepemimpinan bagi pemuda Lombok Barat. 

Dengan tujuan tersebut Dispora memberikan bimbingan kapasitas kepemimpinan kepada para pemuda Lombok Barat, kamis (17/10). Plt Kepala Dinas Dispora Lombok Kartono Hartoyo menyatakan kegiatan yang dilaksanakan terkait dengan pengembangan potensi jiwa kepemimpinan pemuda di Lombok Barat.

Artinya potensi pemuda sebagai generasi penerus yang akan membawa Lombok Barat lebih baik di masa yang akan datang." Pemuda yang sekarang ini akan menjadi pengganti kami, jadi harus kita persiapkan dari sekarang untuk menjadi calon pemimpin di masa yang akan datang untuk Lombok Barat,"katanya.


Karena jumlah pemuda yang banyak, tentu jika dilatih satu persatu Dispora tidak mampu, sehingga diambil masing-masing perwakilan di setiap kecamatan dengan jumlah 10 orang peserta setiap kecamatan, dimana para pemuda ini berasal dari organisasi pemuda yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, budaya, wirausaha dan organisasi kepemudaan yang lainnya. 

" karena banyak sekali organisasi pemuda, tapi tidak berhasil menjalankan organisasi, ini yang kita latih dalam menjalankan kepemimpinan di masing-masing organisasi,"tegasnya.


Ditambahkan Kartono, Dispora ingin mengasah jiwa kepemimpinan yang ada di masing-masing organisasi pemuda yang ada di Lobar agar lebih aktif membawa organisasinya, lebih cepat mencapai tujuannya, "kita siapkan juga bagaimana seorang pemimpin organisasi kepemimpinannya dengan cara ini mereka bisa mencapai tujuan dalam organisasi," tegasnya. 


Sementara itu pemateri dari akademisi Ida Wayan Oka Santosa, memaparkan Potensi pemuda memang sangat besar, pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan daerah, maka pemuda harus mempersiapkan diri dari sekarang." Pemuda harus bisa menangkap peluang, karena jumlah populasi pemuda lebih besar dari total jumlah penduduk dari semua kalangan usia,"katanya.


Dari data yang ada, di Indonesia Generasi Z berjumlah 7 juta lebih atau sekitar 27 persen, kemudian generasi Y sekitar 25 persen dari total penduduk, makaw dari jumlah ini, SDM pemuda Lombok harus dikelola, semua potensi harus bisa dikelola, terutama kemampuan Informasi teknologi harus di arahkan ke yang lebih baik, "Generasi muda harus bisa menjadi pemimpin,harus bisa produktif menjadi pemimpin di Lombok barat, " imbuhnya. 


Dispora memberikan bimtek kepada para pemuda di Lombok Barat.


Pemateri lainnya, Windu Fajar Arum menyampaikan,bahwa kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi, memotivasi, dan mengarahkan individu atau kelompok dalam mencapai tujuan bersama.

"Seorang pemimpin menggunakanketerampilan komunikasi, pengambilan. keputusan, dan manajemen untuk memfasilitasi.koordinasi di antara anggotanya agar tujuan.organisasi atau kelompok bisa tercapai," jelasnya.(*)