Paslon MANIS saat menyamping visi-misi saat debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat.


Lombok Barat (Catatan NTB.com) - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun dan Ibnu Salim yang akrab disapa (MANIS) bertekad mewujudkan Lombok Barat Hebat. Dalam debat kandidat calon Bupati dan wakil Bupati Lombok Barat beberapa waktu lalu  Paslon nomor urut 3 yang akrab disapa MANIS menjabarkan Visi-Misi untuk  membangun Lombok Barat lima tahun kedepan. 


Dalam pemaparannya, Cabup Hj Sumiatun menegaskan, Paslon MANIS bertekad membawa Lombok Barat menjadi Hebat, dimana HEBAT ini merupakan akronim dari  kata "HARMONI, EFEKTIF, BERKELANJUTAN, AMANAH dan TERDEPAN" atau (HEBAT). 


 LOBAR YANG HARMONI

Harmoni adalah kondisi atau hubungan serasi antar komponen berbeda untuk membangun keselarasan, terciptarelasi sosial yang damai, rukun dan aman, tanpa ada diskriminasi SARA, serta terbangun relasi yang dinamis, saling

menghargai, saling pengertian, toleransi dan kebersamaan tinggi untuk memperbaiki bersama taraf hidup dan.kesejahteraannya.

"Dalam konteks pembangunan, harmoni bermakna sebagai ungkapan rasa, gagasan, aksi dan minat untuk terikat.secara serasi, selaras, seimbang dalam setiap pengambilan kebijakan pembangunan antar pihak, antar sektor, antar.jender, antar ruang, dan antar generasi,"jelas Sumiatun. 


LOBAR YANG EFEKTIF

Merujuk pada tindakan, metode, atau proses mencapai sasaran, tujuan dan hasil akhir yang direncanakan secara tepat..Dalam penyelenggaraan pemerintahan, efektif dan efisien adalah proses dan ikhitiar mencapai tujuan pembangunan.dengan hasil dan target yang ditentukan dengan tepat waktu, sembari pembiayaan pembangunan juga dijalankan

dengan cermat dan berdaya guna dengan mengeluarkan biaya (cost) yang hemat dan tidak berlebihan.

 LOBAR YANG BERKELANJUTAN

Prinsip utama mempertahankan kualitas hidup bagi seluruh manusia pada masa sekarang sekaligus pada masa.depan secara berkelanjutan. Keberlanjutan juga merujuk pada ikhitiar untuk menjaga keseimbangan antara.pemenuhan kebutuhan pembangunan saat ini dengan mengelola sumber daya alam, ekonomi, dan sosial secara bijak.tanpa mengeksploitasi sumberdaya alam secara berlebihan. Pembangunan berkelanjutan tidak boleh mengorbankanhak generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya juga.


LOBAR YANG AMANAH

Amanah adalah salah satu nilai mulia dalam Islam yang memiliki makna kepercayaan, tanggung jawab dan integritas..Amanah juga didefinisikan sebagai kepercayaan kepada pimpinan untuk menjaga, mengurus dan menjalankan.kewajiban dengan sebaik-baiknya.

 "Dalam relasi sosial, amanah merupakan landasan utama yang mengatur hubungan

antara individu, masyarakat dan pemimpinnya. Nilai-nilai kesetiaan, kejujuran, dan keuletan adalah beberapa prinsip.yang mendasari amanah, yang dapat menumbuhkan kepercayaan antara pihak yang terlibat,"tegasnya.


LOBAR YANG TERDEPAN

Terdepan merujuk pada posisi atau kondisi yang berada di garis terdepan atau yang paling maju dalam berbagaibidang.

Kabupaten Lombok Barat menjadi daerah yang harus diikhtiarkan terus bergerak dinamis tanpa lelah, tidak pernah berhenti bergerak, penuh semangat dan inspirasi, tidak terjebak pada kebekuan dan tidak akan pernah berhenti pada titik tertentu dalam mewujudkan pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat.


Cawabup Ibnu Salim menambahkan, Menjadi daerah terdepan dinilai memiliki banyak hal yang paling unggul, inovatif, berdaya saing, inspiratif dan progresif." Menjadi terdepan adalah pertanda keunggulan, keberanian, dan kemajuan dalam menggunakan kekuatan

dirinya, memanfaatkan peluang, mengatasi kelemahan sembari menghadapi tantangan. Memiliki daya saing kuat sehingga mampu berjalan tegak berhadapan dengan persaingan, "tegasnya.(*)