Kesbanpoldagri Provinsi NTB Berikan Pendidikan Politik ke siswa SMA - SMK Pringgabaya Lotim 


Lombok Timur (CatatanNTB. com) - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah ( pilkada) serentak pada 27 November 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri ( Bakesbangpoldagri) Provinsi Nusa Tenggara Barat, bersama penyelenggara pemilu komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Kabupaten Lombok Timur. Memberikan sosialisasi dan edukasi proses dan tahapan pilkada kepada siswa SMA dan SMK Negeri Peringga baya Lombok Timur (6/9/2024). 


Adapun kegiatan Sosialisasi dan edukasi tersebut mengusung tema, Membangun Partisipasi kaum Milenial dalam menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024 yang Damai dan Berintegritas. 


Kepala Kesbangpoldagri Provinsi NTB H. Ruslan Abdul Gani, SH., MH., menyampaikan, kegiatan sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula yang dilaksanakan di SMAN 1 Peringga baya ini, diikuti oleh puluhan siswa-siswi dari SMA dan SMK Negeri yang ada di kecamatan Peringga baya Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman kepada para siswa yang merupakan pemilih pemula, mengerti tentang proses dan tahapan pilkada serta tujuan dari diselenggarakan pesta demokrasi memilih kepala daerah. 


"Sebanyak 40 orang siswa-siswi SMA dan SMK Negeri di Peringga baya Lombok Timur, mengikuti kegiatan sosialisasi ini agar dapat memahami maksud dan tujuan diadakannya pilkada, mulai dari proses tahapan hingga dilantiknya kepala daerah terpilih, " Katanya


Dalam kesempatan ini juga para siswa didorong agar turut berpartisipasi aktif dalam pemilihan kepala daerah, mulai dari memastikan diri terdaftar sebagai pemilih. Serta harus menyalurkan hak pilih datang ke TPS saat hari pemungutan atau pencoblosan calon Bupati-wakil Bupati dan calon Gubernur-Wakil Gubernur . 


"Kegiatan ini juga sebagai upaya menyentuh pemilih pemula, agar peduli dengan pilkada tidak golput saat hari pemilihan namun datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya, " jelasnya


Lebih lanjut Ruslan menambahkan, siswa-siswi juga diberikan penjelasan aturan hukum pilkada sesuai undang-undang, agar menjaga integritas dan mendukung pilkada berjalan aman damai. Dengan menolak politik uang tidak mudah terprovokasi isu sara dan isu hoax di medsos yang tidak jelas sumbernya. 


"Pada kegiatan ini juga menjelaskan dan mengajak pemilih pemula agar menjaga integritas dan memgawal pilkada damai tanpa isu sara dan hoax, " ungkapnya

Sosialisasi pendidikan politik bagi Pemilih Pemula 


Sementara itu kadiv data perencanaan dan  informatika KPUD Lombok Timur Suriadi menjelaskan, secara rinci tentang proses dan tahapan pemilihan kepala daerah ( Pilkada) serentak 2024. Serta menekankan juga partisipasi pada pemilih pemula saat pilkada, mengikuti pilkada dengan penuh integritas, karena keterlibatan seluruh unsur masyarakat sangat dibutuhkan untuk kelancaran pilkada.


"Kita memberikan pemahaman dan mengajak para pemilih pemula di kecamatan Pringgabaya ini untuk ikut berpartisipasi dan mendukung pilkada damai, " Pungkasnya


Hadir juga pada kegiatan ini kepala Kesbangpol kabupaten Lombok Timur H. Mustofa, S. Sos., Kepala Bidang Politik Kesbangpol kabupaten Lombok Timur Abdullah, SE. dan Plt Kabid Politik Kesbangpoldagri Provinsi NTB. I Made Adi Kertawijaya, S.IP. ( Red/CN)