Atlet Cabor Voli Pasir NTB foto: istimewa 

Mataram (CatatanNTB.com) - Cabang olahraga (cabor) Voli Pasir diyakini akan kembali menyumbang medali emas bagi NTB di PON XXI. Adalah Wakil Ketua KONI NTB, Agus Suharyan, yang menyampaikan hal tersebut bahwa Voli Pasir tidak pernah jauh dari medali emas multievent nasional empat tahunan itu.


Apa yang disampaikan Agus Suharyan itu, karena melihat dari komposisi tim yang diturunkan. Dimana tim tersebut berpotensi meraih medali emas.


"Pasangan Aditya/Dimas sudah memiliki pengalaman turun di PON Papua. Sementara pasangan Adi/Sofyan juga berpeluang. Terlebih Sofyan yang masuk dalam jajaran pemain timnas Voli Pasir dan kerap meraih prestasi internasional," kata Agus Suharyan menjabarkan keyakinannya atas peluang Voli Pasir.


”Porsi latihan atlet Voli Pasir saya lihat juga cukup berat. Jadi, semoga di PON XXI nanti bisa menyumbangkan satu medali emas bagi NTB,” tambahnya.


Cabor Voli Pasir sendiri menjadi salah satu cabor langganan penyumbang medali emas pada setiap gelaran Pekan Olahraga Nasional. Dimulai dari PON Riau XVIII/2012, Voli Pasir meraih medali emas melalui pasangan Dhita Juliana dan Putu Dini Jasita Utami. Prestasi ini mampu dipertahankan Dhita/Dini di PON Jawa Barat XIX/2016.


Kemudian di PON Papua XX/2021, giliran pasangan Allysah Muktaharah dan Desi Ratnasari yang menyumbangkan medali emas bagi NTB. Bahkan pada edisi ini, tim putra NTB juga berhasil meraih medali perak melalui pasangan Danangsyah Yudistira Pribadi dan Tio Kesuma. Pasangan ini kalah di pertandingan puncak.


”Target kita voli pasir bisa mempertahankan capaiannya di PON. Karena dari Voli Pasir hanya dua medali emas yang diperebutkan kontestan,” ujar Agus.


Pada PON Aceh - Sumatera Utara XXI/2024, tiga pasangan NTB memiliki misi penting untuk mempertahankan capaian ini. Tiga pasangan yang akan diturunkan adalah dua pasangan putra dan satu putri. Tim putra NTB diperkuat pasangan I Komang Aditya dan Ade Dimas Septiano serta pasangan I Nyoman Adi Putra dan Sofyan Rachman Effendi. Sedangkan dari sektor putri, NTB akan menurunkan pasangan Ni Komang Putri Sri Dewi dan Aldha Permatas. (Red/CN)