Kwarran Gerakan Pramuka Selaparang kota Mataram 


Mataram ( CatatanNTB.com) - Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Selaparang kota Mataram menggelar rapat persiapkan pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD), di Aula SDN 26 Mataram, Rabu (28/8/2024). 


Ketua Panitia KMD Ahmad Jauhari menuturkan, kegiatan kursus tersebut nantinya akan diselenggarakan di SMP Negeri 23 Mataram yang akan di ikuti oleh masing-masing perwakilan dari gugus depan se-kecamatan Selaparang. 


"Berdasarkan hasil keputusan rapat panitia, peserta yang akan terlibat dalam kegiatan KMD ini sebanyak 40 orang yang berasal dari masing-masing gugus depan yang ada di kecamatan Selaparang", tutur Jauhari.


Kegiatan kursus ini kata Jauhari, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota pramuka sehingga mampu menjadi pembina pramuka yang produktif.


"Adapun materi yang akan di sajikan pada kursus ini nantinya semuanya berkaitan dengan kepramukaan dan wawasan kebangsaan", jelasnya. 


Sementara itu, Ketua Kwarran gerakan pramuka kecamatan Selaparang Sulman Haris mengatakan kegiatan Kursus Mahir Dasar ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan bagi orang dewasa yang nantinya mampu menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan di gugus depan masing-masing khususnya yang ada di ranting Selaparang.


"Kami pengurus pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup bertanggungjawab dan mampu membina serta mengisi kemerdekaan nasional", jelas Sulman. 


Dalam pelaksanaannya kata Sulman diperlukan dukungan anggota dewasa. Anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka mempunyai tugas yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan. 


"Sehubungan dengan hal tersebut, anggota dewasa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dirinya melalui pendidikan dan pelatihan seperti KMD ini", ujarnya. (*)