Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Cakranegara Kota Mataram 


Mataram ( CatatanNTB.com) - Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Cakranegara Kota Mataram menggelar kegiatan Bazar Siaga dan Bakti Sosial membersihkan tempat ibadah yang melibatkan anggota pramuka golongan siaga dan penggalang se-kecamatan Cakranegara, Sabtu (10/8/2024). 


Kegiatan ini terselanggara atas arahan dari Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kota Mataram H. Didi Sumardi, agar seluruh kwartir ranting se kota mataram memeriahkan hari ulang tahun pramuka ke-63 di masing-masing kwartir. 


Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari yang di ikuti oleh anggota pramuka golongan siaga dan golongan penggalang, pembina pramuka, dan pembina pendamping se kwarran cakranegara yang berjumlah 600 orang.


Ketua Panitia sekaligus Waka Binamuda Kwarran Cakranegara Lalu Akmal mengatakan bahwa anggota pramuka harus tanggap dan peduli terhadap lingkungan sesuai dengan dasa dharma ke 2 pramuka, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.


"Kegiatan ini di harapkan mendidik anggota pramuka agar selalu menjaga dan peduli terhadap kebersihan di mana pun berada terlebih di tempat ibadah", ujar Akmal. 


Ada beberapa titik yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan bakti sosial tersebut antara lain Masjid As-Syuhadaq Gebang, Pura Pasopati Gebang dan Gereja Betlehem Indonesian R.O.C.K Ministry Gebang. 


Sementara itu Ketua Kwartir Ranting Cakranegara Lalu Jinade mengapresiasi kegiatan bazar siaga dan bakti sosial anggota pramuka tersebut. Ia menilai kegiatan seperti ini merupakan bagian dari menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar terutama dalam hal kebersihan karena apabila lingkungan kita bersih maka akan tercipta lingkungan yang nyaman dan indah.


Ia berharap dalam kegiatan ini dapat mengubah pandangan masyarakat tentang pramuka yang dikesankan hanya fokus pada kegiatan perkemahan, nyanyi dan tepuk. 


"Pramuka telah memberikan kontribusi yang besar untuk bangsa dan negara dalam hal merubah karakter anak bangsa melalui pendidikan karakter", tutur Jinade. (Red)