Atlet Cabor Billiard NTB Persiapan PON XXI Aceh-Sumut foto: istimewa 

Mataram (CatatanNTB.com) - Cabang olahraga (cabor) Billiard NTB menargetkan satu medali emas di PON XXI Aceh - Sumatera Utara. Hal ini merujuk dari hasil Pra-PON yang sudah dilalui dan perkembangan atlet selama menjalani program latihan di Pelatda Bank NTB Syariah.


”Target kita satu emas. Ini sudah kita petakan dan peluang itu ada,” ujar Pelatih Billiard NTB, Suyitno.


Suyitno menjelaskan Billiard menempatkan dua atlet putra di PON Aceh - Sumatera Utara 2024 nanti. Yakni, Made Bayu Saputra dan I Made Alvien Dwiki. Keduanya lolos pool B yang mempertandingkan nomor 10 Ball dan 15 Ball.


”NTB nanti bisa turun di empat nomor pertandingan,” katanya.


Alvin dan Bayu bisa bertanding di nomor 10 Ball Single dan 15 Ball Single. Ditambah dua nomor beregu atau 10 Ball Double dan 15 Ball Single. Dari empat nomor pertandingan tersebut, Billiard menargetkan satu medali emas.


”Program latihan di pelatda sudah dijalankan atlet. Progresnya bagus sejak awal masuk pelatda,” tuturnya.


Pada PON Papua lalu, NTB juga meloloskan satu atlet Billiard, namun masih belum bisa menyumbangkan medali bagi NTB. Sehingga pada PON 2024, Billiard bertekad bisa berkontribusi bagi prestasi olahraga NTB di tingkat nasional.


Sementara itu, Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi, menilai cabor Billiard memiliki peluang untuk meraih medali. Tinggal bagaimana menjalani persiapan di pelatda agar hasil yang didapat nanti maksimal.


"Atletnya masih muda-muda dan punya potensi. Mereka berlatih sudah ditunjang peralatan yang memadai. Semoga bisa mendapatkan hasil terbaik,” pungkasnya. *