Kwarcab Pramuka Kota Mataram Gelar Pelatihan Jurnalistik foto: istimewa 


Mataram (CatatanNTB.com) - Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang informasi dan teknologi, Pusat Informasi Cabang (PUSINFOCAB) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Mataram menggelar Pelatihan Jurnalistik yang berlangsung di Balai Pelatihan Koperasi (BALATKOP) Provinsi NTB, Minggu (30/6/2024).


Kegiatan ini melibatkan peserta perwakilan dari seluruh Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Se-Kota Mataram, Dewan Kerja Cabang (DKC), pengurus Andalan Kwarcab Kota Mataram dan pengurus Pusat Informasi Kwarcab Kota Mataram.


Hadir sebagai Narasumber wartawan Lombok Post Ali Rojai, Blogger & Social Media Strategic Ahyar Ros dan Kepala Pusat Diklat dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Mataram H. Lalu Agus Fathurrahman.


Dalam laporannya ketua panitia Abdurrahman menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan oleh Pusinfocab sebagai upaya peningkatan SDM anggota pramuka dalam lingkup kwarcab kota Mataram pada bidang informasi dan teknologi sesuai dengan fungsi Pusinfocab sebagai Pusat produksi, penyebarluasan, perinteraksian, dan pengawasan terhadap informasi Gerakan Pramuka melalui laman resmi kwartir, media konvensional serta media sosial. 


"Pramuka harus hadir sebagai solusi terhadap tantangan zaman yang semakin kompleks saat ini di mana di era informasi dan teknologi saat ini mayoritas generasi Z yang merupakan generasi usia muda dan remaja merupakan generasi dengan penggunaan media sosial tertinggi di Indonesia", ungkap Rahman. 


Ia mengungkapkan, dari total penguna media sosial aktif di Indonesia yang mencapai 167 juta atau 60,4 % dari total populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 276,4 juta jiwa merupakan generasi Z, yang di mana mereka sangat mudah terjebak oleh konten-konten negatif yang tidak mendidik di media sosial. 


Oleh karena itu ujar Rahman, melalui pelatihan Jurnalistik ini, pramuka kota Mataram harus mampu memberikan edukasi bagi generasi muda indonesia dalam berbagai hal melalui kegiatan-kegiatan yang positif dan mendidik. 


Sementara itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mataram H. Didi Sumardi memberikan apresiasi atas kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut karena dengan adanya kegiatan ini salah satunya akan memenuhi kebutuhan kwartir tentang pemberitaan dalam menghadapi tantangan zaman saat ini. 


"Para peserta harus mampu memahami dan mempraktikan karya jurnalistik sesuai dengan standar dan kode etik jurnalistik dan mampu memberikan kontribusi tentang pemberitaan pramuka kepada masyarakat umum", ujarnya. 


Menurut Didi Jurnalistik adalah bagian dari pramuka, karena nilai nilai atau prinsip yang terkandung dalam jurnalistik ketika di himpun termasuk dalam nilai nilai dasa dharma pramuka.


"Saya berharap kegiatan pelatihan ini betul betul diikuti dengan serius oleh seluruh peserta dan dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan kemampuan diri dalam bidang jurnalistik", harapnya. (Red)