Atlet Bermotor NTB Persiapan PON Aceh-Sumut 2024 foto: istimewa 


Mataram (Catatan NTB.com) - Gelaran PON XXI Aceh - Sumatera Utara akan dilaksanakan 8-20 September mendatang. NTB menargetkan 20 medali emas pada multievent olahraga nasional tersebut. Target ini meningkat dari capaian NTB di PON Papua, dimana saat itu NTB meraih 15 medali emas.


”Di Papua kita sudah menorehkan sejarah baru dengan meraih 15 medali emas. Tentunya kita akan berusaha maksimal mewujudkan target 20 medali emas nanti,” ujar Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi.


Mori menjelaskan target 20 emas sudah dipetakan oleh Satgas yang selama ini mengawal program pemusatan latihan daerah (pelatda). Sejumlah cabor yang diproyeksikan menjadi penyumbang pundi-pundi medali emas adalah, Atletik, Bermotor, Voli Pasir, Dance Sport, Karate, Kempo, Muaythai, Panjat Tebing, Selancar Ombak, Tarung Derajat dan Tinju. 


Dari cabor Atletik, sejumlah atlet andalan NTB sekaligus peraih medali emas PON Papua diyakini bisa mempertahankan medali emasnya. Seperti Lalu Muhammad Zohri, Sudirman Hadi, Dian Ekayanti dan Sapwaturrahman.


”Ada juga nomor-nomor baru di atletik yang berpeluang meraih medali emas,” kata Mori.


Kemudian cabor Bermotor ditargetkan satu medali emas. Sebelumnya cabor Bermotor secara mengejutkan berhasil meraih medali emas di PON Papua. Sehingga pada PON Aceh - Sumatera Utara 2024, Bermotor ditargetkan bisa mempertahankan capaiannya. Terlebih atlet-atlet yang diturunkan tidak jauh berbeda dari PON Papua.


"Di senior atletnya yang turun di Papua. Tapi di junior kita juga punya peluang karena atletnya sudah punya pengalaman yang banyak,” tuturnya,


Selain cabor unggulan, NTB bisa mendapatkan medali emas dari cabor Dance Sport. Terlebih hasil kualifikasi PON Aceh - Sumatera Utara 2024 yang didapat atlet Dansa NTB sangat bagus.


”Dari PON Papua dansa ini punya peluang emas. Tapi di Papua batal dipertandingkan, padahal atlet NTB sudah lolos Pra-PON,” cetusnya.


Lebih lanjut, Mori mengatakan selain cabor-cabor unggulan, sejumlah cabor baru juga berpotensi menyumbangkan medali emas. Misalnya Gateball, Hapkido, Hoki, Kabaddi dan Wushu.


”Yang terpenting atlet-atlet tampil maksimal untuk meraih medali tertinggi,” tandasnya.


Untuk diketahui, pada PON XX/2021 Papua, NTB meraih 15 medali emas. Dari cabor Atletik enam medali emas, Panjat Tebing dua medali emas, Bermotor satu medali emas, Voli Pasir satu medali emas, Kempo dua medali emas, Tarung Derajat satu medali emas dan Tinju dua medali emas. *