Rapat Kesiapan Menuju PON XXII 2024

Mataram (Catatan NTB.com) - KONI NTB matangkan persiapan keberangkatan menuju PON XXII 2024 Aceh-Sumut, dengan menggelar rapat bersama Pemprov NTB di hadiri sekda NTB, Kadis Pemuda dan Olahraga NTB dan seluruh pengurus KONI NTB di Gedung Graha Bhakti Kantor Gubernur NTB (22/7/2024). Pemberangkatan pertama untuk Atlet akan dimulai pada tanggal 27 Agustus mendatang 


Ketua umum KONI NTB Mori Hanafi mengatakan, pihaknya siap berangkat ke PON Aceh-Sumut. Selain memastikan kesiapan akomodasi dan kebutuhan lainnya, disampaikan juga pada pelatda saat ini performa atlet NTB rata-rata berada di atas 90 persen. Sehingga pada PON nantinya performen para atlet pada puncaknya, dan tentu sangat optimis akan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai target.


"Pelatda performa atlet diatas 90 persen, sehingga 30 hari mendatang saat bertanding di PON XXII performance atlet pada puncaknya,"katanya 


Sementara itu untuk persiapan teknis terus dilakukan evaluasi, identifikasi dan diselesaikan melalui rapat dan pertemuan. Sehingga segala kendala teknis diupayakan terselesaikan sehingga tidak menggangu konsentrasi para atlet dan ofisial yang bertanding di PON.


"Setiap kendala teknis di identifikasi dan diselesaikan bersama, guna meminimalisir segala bentuk persoalan dan dinamika yang muncul,"ujar anggota DPR RI partai Nasdem tersebut 


Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, H. Lalu Gita Ariadi mengatakan alokasi anggaran untuk PON 2024 sudah disiapkan pada APBD murni 2024 ini sebesar Rp15 miliar. Namun karena masih kurang, Pemprov NTB kembali mengalokasikannya pada APBD perubahan sebesar Rp20 miliar. 


"Kerja keras dan latihan kerja yang sudah dilakukan oleh para atlet dan pimpinan Cabor, KONI kabupaten kota. Tugas kita memberikan dukungan pendanaan," katanya Senin (22/7) sore. 


Ia mengatakan, alokasi anggaran yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para atlet. Selain disiapkan melalui APBD Pemprov NTB, kebutuhan anggaran ini juga didukung oleh pihak ketiga hingga penjualan merchandise PON 2024. 


Provinsi NTB merupakan wilayah yang cukup kecil. Namun kualitas para atlet sudah berada jajaran yang cukup tinggi. Pada PON Papua empat tahun lalu, NTB berada pada posisi peringkat ke sembilan. Diharapkan pada PON kali ini, bisa berada pada peringkat ke ketujuh nasional.


"Sumber daya sudah siap. Kita targetkan menjadi tujuh besar. Dan pada saat kita jadi tuan rumah bisa lima besar nasional," katanya. 


Tidak saja anggaran untuk pelaksanaan PON, Pemprov NTB juga akan menyiapkan anggaran untuk bonus para atlet. Anggaran bonus ini akan disiapkan pada tahun 2025 mendatang. 


"Nanti bonusnya tahun 2025. Mudah-mudahan bupati walikota juga," tutupnya 

(Red/CN)