Mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram di Desa Sedau Lombok Barat 


Lombok Barat (CatatanNTB.com) - Kuliah Kerja Nyata Pembedayaan Masyarakat Desa (KKN-PMD) Universitas Mataram (UNRAM) melaksanakan Sosialisasi Pengolahan Hasil Bumi Perkebunan Di Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

 Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat desa sedau dengan melakukan pengolahan hasil bumi perkebunan yang melimpah,. Pengolahan komoditi hasil perkebunan dapat menambah nilai jual tinggi di pangsa pasaran sehingga mempu meningkatkan sumber pendapatan masyarakat di Desa.


Dalam kegiatan sosialisasi tersebut Masyarakat Desa Sedau sangat Antusiasi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran peserta sosialisasi yang berjumlah 34 orang. Kegiatan ini dihadiri oleh Perangkat Desa, TNI/Polri, Pegawai Camat, Bumdes, Pokdarwis, Mahasiswa KKP UIN Mataram, Mahasiswa Darul Falah, Ketua Remaja Setiap Dusun, dan beberapa Pelaku UMKM di Desa Sedau.

Rangkaian Acara Sosialisasi yang dilaksanakan KKN-PMD UNRAM Desa Sedau membawakan Dua Sub-Materi yakni Cara Pengolahan Hasil Perkebunan dan Strategi Pemasaran Produk oleh, Kurnia Milawati Ilahi. Dan Prosedur perizinan Produksi Izin Rumah Tangga disamapaikan Lalu Muhammad Rizwan Iqball.


“Hasil Perkebunan komoditi Pisang Desa Sedau menjadi Fokus Produk pada sosialisasi KKN-PMD Universitas Mataram. Sosialisasi tersebut menjelaskan tentang tata cara pengolahan pemanfaatan pohon pisang hingga buahnya yang bisa di jadikan produk olahan sehingga memiliki nilai jual tinggi. Selain itu kegiatan tersebut juga menjelaskan bagaiamana strategi pemasaran agar tepat sasaran dan mampu bersaiang di pasar,” ungkap Milawati.


Mengingat setiap saat Buah Pisang di Desa Sedau tidak pernah mengenal musim untuk di panen, maka dari itu KKN-PMD UNRAM Desa Sedau mengadakan sosialisasi pengolahan hasil perkebunan dengan fokus pembahasan terkait poduksi olahan Pohon Pisang dan Buahnya. Iqball menjelaskan.


Ketua KKN-PMD UNRAM Desa Sedau Lalu Muhammad Rizwan Iqball mengungkapkan bahwa sangat merasa bersyukur dan senang bisa melaksanakan sosialisasi Pengolahan Hasil Bumi Perkebunan Desa Sedau.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan senang bisa menjalankan kegiatan sosialisasi ini, karena ini merupakan program kerja utama dari KKN-PMD UNRAM Desa Sedau. Selain kami dapat berbagi ilmu pengetahuan dengan masyarakat mengenai pengolahan hasil bumi, kami juga menemukan minat dan bakat masyarakat untuk menjadi wirausahawan, “ ujarnya.


Melimpahnya bahan baku pisang yang tersedia di Desa Sedau menajdi point plus yang berdampak bagi harga jual makanan olahan yang menggunakan bahan baku pisang khususnya pengolahan keripik pisang dan selai pisang. 

Keripik pisang merupakan makanan ringan favorit kalangan masyarakat, dimana buah pisang dikenal memiliki sumber viatamin dan manfaat serat alami yang memiliki daya guna bagi kesehatan tubuh.


Kegiatan yang dilaksanakan oleh KKN-PMD UNRAM Desa Sedau tidak lepas dari bimbingan serta dukungan Dr.Ir.Markum,M.Sc. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram (KKN-PMD UNRAM) Desa Sedau.

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Kepala Desa Sedau, Perangkat Desa, serta masyarakat Desa Sedau dengan harapan melalui kegiatan ini dapat membuka peluang usaha bagi UMKM di Desa Sedau. (Red/CN)