Inspektur Inspektorat Provinsi NTB Ibnu Salim 


Mataram (CatatanNTB.com) - Event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023, akan segera diaudit oleh Inspektorat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yang menggunakan anggaran Negara sebesar 24 miliar rupiah. 

Inspektorat melakukan audit setelah adanya permintaan dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB yang sedang mengusut dugaan korupsi pelaksanaan event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023. 


Inspektur Inspektorat NTB Ibnu Salim mengatakan pihaknya sudah menerima permintaan audit dari Kejati NTB. Untuk dilakukan audit atas pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan. 


"Mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan, siapa yang terlibat, seperti apa pesertanya. Sedang kita persiapkan auditnya," kata Ibnu saat ditanya di Mataram, Senin (15/7/2024).



Ibnu menambahkan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan tim yang akan melakukan audit terkait penggunaan anggaran event Lombok Sumbawa Motocross 2023. Setelah itu, tim auditor akan mengumpulkan data dan informasi. 


"Data dan informasi dikumpulkan dulu. Kemudian dokumen dipelajari dulu baru cek lapangan," terangnya.


Untuk proses audit tersebut Butuh waktu 15 hingga 20 hari kedepan, Audit yang dilakukan Inspektorat NTB merupakan implementasi dari memorandum of understanding (MoU) antara Aparat Penegak Hukum (APH) dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). 


"Kami sudah mendapatkan surat permintaan untuk melaksanakan audit. Acuannya pedoman kegiatan. Apakah sesuai dengan pedoman kegiatan itu saja. Berapa anggarannya," jelasnya 



Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi membenarkan penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejati NTB sedang melakukan penyelidikan dugaan korupsi pelaksanaan event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023. Jamaludin mengatakan dirinya dan belasan event organizer (EO) yang terlibat dalam pelaksanaan event tersebut telah diperiksa penyidik Pidsus Kejati NTB. 


Ada 15 event organizer (EO) ditambah IMI NTB , sebagai rekanan yang melaksanakan kegiatan itu telah diperiksa kejaksaan sejak bulan Ramadan lalu. Jamaluddin menjelaskan event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 mendapatkan anggaran sebesar Rp24 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 


Dari anggaran itu, sebesar Rp21,5 miliar yang digunakan untuk berbagai kegiatan, baik main event maupun side event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023. Sehingga ada anggaran sebesar Rp2,5 miliar yang dikembalikan ke negara. 


Dana sebesar itu dikembalikan ke negara karena ada kegiatan atau barang yang harus disewakan tidak ada di Lombok pada saat penyelenggaraan kegiatan tersebut. Jamaluddin mengatakan pelaksanaan event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 telah sesuai petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) yang dikeluarkan Deputi Event Kemenparekraf. (Red/CN)