Pelatihan Jurnalistik TV Kwarcab Kota Mataram oleh Jurnalis Senior TVRI NTB 


 Mataram (CatatanNTB.com) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota dalam bidang informasi dan teknologi, Pusat Informasi Cabang (Pusinfocab) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Mataram secara khusus menggelar Pelatihan Jurnalistik Lanjutan, Jum’at (19/07/2024).


Kegiatan ini berlangsung satu hari di Bumi Perkemahan H. Moh Ruslan Pagutan Kota Mataram yang di hadiri oleh pengurus Pusinfocab dan perwakilan dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Kota Mataram.



Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan jurnalistik sebelumnya yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman anggota pramuka tentang teknik dalam memproduksi sebuah berita hingga layak untuk di sajikan di hadapan masyarakat luas.



Kepala Pusinfo Kwarcab Kota Mataram Abdurrahman menuturkan bahwa gerakan pramuka harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman sehingga tetap menjadi organisasi yang diminati oleh peserta didik dan masyarakat luas.


“Pelatihan jurnalistik ini pada dasarnya sebagai upaya kita meningkatkan keterampilan dan kemampuan anggota pramuka agar tidak ketinggalan dalam bidang Informasi dan Teknologi”, ujar Rahman.


Menurut Rahman, berbagai kiprah dan kemajuan yang telah dilakukan oleh kwartir cabang gerakan pramuka kota Mataram selama ini harus mampu dipublikasikan dan di syiarkan dengan baik dengan cara memperdalam ilmu tentang Jurnalistik.


Pada pelatihan Jurnalis ini, Pihaknya Sengaja Mendatangkan Salah Seorang Wartawan Senior Tvri Nusa Tenggara Barat, Asep Sapriudin.

Yang memberikan pelatihan Terkait pemberitaan .mulai dari cara membuat atau mencari informasi hingga menjadi sebuah berita, dan menjadi presenter atau penyiar dalam membawakan berita.


“Ilmu jurnalis ini penting untuk kita pelajari agar semua aktifitas kepramukaan yang dilakukan oleh Kwarcab kota Mataram yang positif yang mengedukasi dapat dipublikasikan dengan baik di tengah-tengah masyatakat”, tuturnya.


Sementara itu Wakil Ketua Bidang Hubungan Masyarakat, Informasi dan Teknologi (HUMAS dan IT) Kwarcab Kota Mataram Mulhakim, dalam sambutannya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pusinfocab dalam meningkatkan kemampuan anggotanya di bidang IT.


“Zaman sekarang sudah berubah dan segala hal begitu gampang viral dengan adanya teknologi, maka pelatihan jurnalistik ini sangat penting untuk mengenalkan pramuka secara utuh kepada masyarakat luas”, jelasnya.


Ia berharap dengan kegiatan seperti ini, pramuka tidak lagi di pandang hanya sebagai organisasi perkemahan tapi mampu menghadirkan wajah pramuka yang sesungguhnya dengan cirinya yang khas yakni disiplin dan berkarakter pancasila.


“Selama ini pramuka oleh masyarakat mungkin hanya dikenal sebagai organisasi yang suka kemah dan baris berbaris, padahal sesungguhnya pramuka telah menghadirkan kontribusi besar untuk bangsa dan negara melalui pendidikan nya yang berkarakter pancasila”, ungkapnya. (Red)