Penyaluran Bantuan Program NTB Cerdas BAZNAS Provinsi NTB foto: istimewa 


Mataram ( CatatanNTB.com) - Badan amil zakat nasional (BAZNAS) Provinsi NTB mengalokasikan Bantuan miliaran rupiah untuk Guru tidak tetap dan Beasiswa Prestasi pada tahun 2024 ini. Program Bantuan BAZNAS Provinsi NTB ini diserahkan langsung oleh PJ Gubernur NTB, di Gedung Graha Bhakti Kantor Gubernur (24/7/24)


Pj. Gubernur NTB, Hassanuddin mengatakan sebanyak 4.500 siswa di NTB mendapatkan bantuan beasiswa. Penyaluran beasiswa ini, Baznas NTB mengalokasikan sebesar Rp1,8 miliar untuk 4.500 siswa di NTB. 


“Kita dorong kepada masyarakat untuk membayar zakat juga menjadi salah satu upaya dikedepankan jajaran Baznas. Karena tidak ada orang yang jatuh miskin karena membayar zakat,” katanya


Jumlah GTT yang akan mendapatkan bantuan tersebut sebanyak 3.400 orang yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di NTB.


Sementara itu, Ketua Baznas NTB, Dr. TGH. Muhammad Said Gazhali menyampaikan pemberian bantuan dan beasiswa bagi peserta didik ini merupakan wujud dari program NTB Cerdas. Ini setiap tahun kita realisasikan. Untuk guru tidak tetap dan siswa berprestasi tidak mampu.


"Bantuan bagi GTT dan beasiswa prestasi ini merupakan Program NTB Cerdas BAZNAS NTB, diberikan setiap tahunnya," jelasnya 


Penyerahan bantuan dan beasiswa ini khusus untuk guru dan peserta didik yang ada di sekolah-sekolah negeri. Hal ini dilakukan karena sekolah-sekolah negeri di NTB sudah banyak menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS Provinsi NTB.


"Penerima bantuan dan beasiswa ini khusus bagi GTT dan peserta didik yang ada di sekolah negeri, karena pihak sekolah negeri yang banyak berzakat," ujarnya 


Lebih jauh, TGH. Muhammad Said menjelaskan, alokasi anggaran dan manfaat program pendidikan dari tahun 2018 sampai tahun 2023, 27,8 miliar dan Rp33.307 musaih. Dan Insyaallah rencana anggaran Baznas untuk GPP dan siswa berprestasi tahun 2024, dianggarkan 1,7 miliar untuk 3.400 guru Tidak Tetap. Kemudian 1,8 miliar itu akan dialokasikan kepada 4.500 siswa di seluruh NTB.

(Red/CN)