Atlet renang NTB persiapan PON Aceh-Sumut foto: istimewa 


Mataram (CatatanNTB.com) - Seluruh Kabupaten/Kota se NTB sama-sama memiliki atlet yang masuk dalam Kontingen PON XXI NTB yang akan bertarung di Aceh - Sumatera Utara, 8-20 September 2024. Kontingen NTB sendiri akan berangkat ke PON XXI dengan kekuatan 251 atlet.


Kota Mataram menyumbangkan atlet terbanyak dengan 95 orang. Terdiri dari 48 atlet berlaga di Sumatera Utara dan 47 atlet bertanding di Aceh.


Kota Mataram memiliki tradisi meloloskan atlet ke PON terbanyak. Di 44 cabang olahraga (cabor) yang diikuti NTB pada PON XXI, rata-rata ada atlet dari Mataram.


"Hampir di 44 cabor yang lolos ada atlet asal Mataram,” ujar Ketua Umum KONI NTB, H. Mori Hanafi.


Atlet asal Mataram tersebar di cabor menembak, voli pasir, atletik, balap sepeda, biliar, dance sport, kabaddi, tenis meja, bermotor, bulutangkis, hoki, gateball, taekwondo, wushu, gulat, berkuda, squash, anggar, hapkido, muaythai, tarung derajat, petanque, soft tennis, tenis lapangan, kurash, kempo, sepatu roda, panjat tebing, triathlon dan gantole.


Kemudian Lombok Tengah menjadi daerah kedua dengan atlet terbanyak. Yakni, 30 atlet. Mereka tersebar di sejumlah cabor seperti tarung derajat, petanque, selancar ombak, kempo, sepatu roda, panjat tebing, kabaddi, kickboxing, pencak silat, bermotor, bulutangkis, hoki, taekwondo, karate, gulat dan akuatik.


Lombok Timur dan Lombok Barat masing-masing memiliki 27 atlet yang akan membela NTB di PON Aceh - Sumatera Utara 2024. Atlet asal Lombok Timur berada di cabor atletik, kabaddi, pencak silat, bulutangkis, hoki, senam, catur, akuatik, muaythai, petanque, tenis lapangan, kempo dan triathlon.


Sementara Lombok Barat diperkuat atlet dari cabor bridge, muaythai, tarung derajat, angkat besi, balap sepeda, dance sport, esport, kabaddi, pencak silat, tenis meja, hoki, karate, catur dan akuatik.


Lombok Utara memiliki 7 atlet dalam kontingen NTB. Meskipun jumlahnya kecil, atlet asal Lombok Utara menjadi calon penyumbang medali emas NTB, seperti Lalu Muhammad Zohri, Sudirman Hadi dan Mirawan dari cabor atletik.


Dari Pulau Sumbawa, Dompu menjadi kabupaten yang menurunkan atlet terbanyak. Ada 20 atlet asal Dompu dalam Kontingen NTB yang tersebar di cabor atletik, kabaddi, kickboxing, bulutangkis, anggar, muaythai, tarung derajat, panahan, selancar ombak, kempo dan sepatu roda.


Sumbawa meloloskan 16 atlet ke PON Aceh - Sumatera Utara. Mereka berasal dari cabor muaythai, tarung derajat, sepak takraw, atletik, esport, bulutangkis, gateball dan catur. Sementara KSB memiliki 10 atlet dalam kontingen yang berasal dari cabor tinju, atletik, kickboxing, pencak silat dan bermotor.


Sementara Kota Bima memiliki 13 atlet yang memperkuat NTB. Mereka berasal dari muaythai, panjat tebing, atletik, biliar, kabaddi dan wushu. Kabupaten Bima menjadi daerah yang memiliki atlet terkecil, yakni sebanyak 6 atlet. Atlet asal Bima memperkuat cabor atletik, bulutangkis, wushu, catur dan kempo. *